Seminar dan Musyawarah Nasional APPBI 2019


Seminar dan Musyawarah Nasional APPBI 2019 

 

Bertempat di Ballroom Grand Sheraton Hotel, Gandaria City, Jakarta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyelenggarakan Seminar dan Musyawarah Nasional pada Kamis, 28 Pebruari 2019 lalu. Acara dibuka oleh sambutan Bapak Stefanus Ridwan selaku Ketua Umum DPP APPBI. Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bapak Drs. Enggartiasto Lukita turut hadir dan memberikan pandangannya sebagai keynote speaker. Turut hadir juga perwakilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Bapak Prof. Dr. Ir. Sutanto Soehodo M.Eng selaku Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan Dan Transportasi) yang mewakili Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan yang pada kesempatan itu berhalangan hadir. 

 

 

Dalam sambutannya, Bapak Stefanus Ridwan menyampaikan pentingnya untuk pengelola mal memperhatikan kebutuhan akan pengalaman unik (leisure) yang diharapkan pengunjung. Saat ini masyarakat berkunjung ke mal lebih untuk mendapatkan pengalaman, beliau menilai mal yang lebih banyak toko untuk berjualan tanpa didukung gerai food and beverage akan mengalami penurunan pengunjung. 

 

Bapak Menteri dalam kesempatan yang diberikan menyampaikan apresiasinya kepada para pengelola mal karena telah mengizinkan UMKM untuk dapat berpromosi dan berdagang di dalam mal. Juga menekankan bahwa Pemerintah Pusat telah mencabut berbagai peraturan yang dirasa mempersulit perizinan dunia usaha dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah sebagai ujung tombak pelaksaaannya. Acara yang dihadiri lebih dari 400 orang ini resmi dibuka dengan Bapak Stefanus Ridwan, Bapak Enggartiasto dan Bapak Sutandi (Direktur Pakuwon Group) yang bersama-sama menekan tombol yang ada di layar lebar yang tersedia.

 

 

 

Seminar yang bertemakan "Facing the Same Challenge" ini selanjutnya diisi oleh Bapak Sutandi Purnomosidi selaku moderator, dan tiga narasumber : Ibu Cicilia Rosalinda (Presiden Direktur TYCHE Consultant Service), Ibu Farida Riyadi (Direktur Cushman & Wakefield Indonesia) dan Bapak Anton Sitorus (Direktur Savills Indonesia) yang membahas tentang pengaruh teknologi digital saat ini terhadap selera dan kebiasaan para konsumen.

 

Siang harinya, Musyawarah Nasional (Munas) APPBI 2019 dimulai dan anggota DPP APPBI yang hadir - yang terdiri dari 325 mal/pusat belanja/trade center yang tersebar dari 12 Dewan Perwakilan Daerah - menghasilkan keputusan secara aklamasi bahwa Bapak Stefanus Ridwan kembali dipercaya sebagai Ketua Umum DPP APPBI untuk periode 2019 - 2022. Pada kesempatan yang sama juga Bapak Alphonzus Widjaja ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum DPP APPBI 2019 - 2022. Selanjutnya Ketua Umum akan membentuk susunan nama pengurus yang akan membantu beliau menavigasi APPBI untuk menjadikan industri pusat belanja di Indonesia sebagai salah satu inti kekuatan untuk menumbuhkan ekonomi nasional.