Berita

Closing Ceremony Festival Jakarta Great Sale 2016 di Pasar Mayestik Jakarta

closing_fjgs_2016.pngFestival belanja tahunan terbesar persembahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta resmi ditutup dalam Closing Ceremony Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2016 yang telah diselenggarakan di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan pada hari Minggu, 17 Sept 2016. Berlangsung selama 6 (enam) minggu sejak 3 Juni hingga 17 Juli 2016, untuk kali pertamanya Closing Ceremony FJGS di helat di sebuah pasar tradisional. Ini merupakan cerminan peran pasar tradisional yang semakin besar dalam perhelatan FJGS. Bila pada FJGS tahun lalu terdapat 10 (sepuluh) pasar tradisional, tahun ini terdapat 20 pasar tradisional yang mengikuti kegiatan FJGS 2016.

Dengan mengusung tema “Shop More, Less Plastic”, perhelatan ini juga mampu meningkatkan jumlah pengunjung ke pusat perbelanjaan hingga 40-50 persen. Selama pelaksanaannya, FJGS 2016 berhasil mencapai target penjualan ritel yang mencapai Rp 15,74 triliun (naik 8 persen dari tahun sebelumnya). Bukti antusiasme masyarakat berbelanja tanpa mengesampingkan dampak lingkungan penggunaan plastik.

Closing ceremony di pagi hari itu dihadiri dan diisi sambutan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Djarot Saiful Hidayat, Ketua Panitia Pelaksana FJGS 2016 sekaligus Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Ibu Ellen Hidayat dan Direktur Utama PD Pasar Jaya, Bapak Arif Nasrudin. Dalam sambutannya, Pak Djarot mengatakan dengan FJGS yang digelar setiap tahun, Pemprov DKI bersama APPBI membuktikan kepada masyarakat bahwa surga belanja terbaik dan termurah ada di Jakarta, tidak perlu sampai ke luar negeri untuk berbelanja.

Ibu Ellen dalam sambutannya berharap capaian ini dapat membantu mendorong perekonomian DKI Jakarta. Sedangkan Bapak Arif mengapresiasi panitia FJGS 2016 yang telah memberikan kesempatan lebih besar kepada pasar tradisional. Dengan keikutsertaan 20 pasar tradisional, didapatkan transaksi sebesar Rp 15 miliar. “Biarlah FJGS ini menjadi momentum untuk merubah pasar tradisional menjadi lebih baik,” kata beliau. Adapun 20 pasar tersebut adalah Unit Pasar Besar (UPB) Glodok, UPB Tomang Barat, Pasar Mayestik, UPB Jatinegara, UPB Perumnas, UPB Pasar Minggu, UPB Kramatjati, Pasar Grogol, Pasar Sunter Podomoro, Pasar Rawa Badak, Pasar Gondangdia, Pasar Palmerah, Pasar Johar Baru, Pasar Kelapa Gading, Pasar Pademangan, Pasar Cibubur, Pasar Cijantung, Pasar Pondok Labu, Pasar Lenteng Agung, dan Pasar Pos Pengumben.

Setelah sesi penyerahan simbolis kepada para pemenang FJGS 2016 Shooper Card yang berhak mendapatkan 1 (satu) unit Mobil Honda HR-V Type S Matic sebagai hadiah utama, 2 (dua) buah Motor Vespa Type S dan banyak hadiah menarik lainnya (pengundiannya telah dilakukan pada hari Kamis, 14 Juli 2016 bertempat di Main Atrium Baywalk Mall), acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada perwakilan 20 pasar tradisional peserta FJGS 2016. Puncak acara adalah pemukulan gong oleh Bapak Djarot didampingi oleh Ibu Ellen dan Bapak Arif yang menandai berakhirnya perhelatan FJGS 2016.

Digelar dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta ke-489 tahun, secara keseluruhan FJGS 2016 menggandeng 78 mal di Jakarta yang memberikan diskon hingga 70 persen. Gaung FJGS 2016 juga semakin terasa dengan diselenggarakannya midnight sale oleh 24 mal peserta FJGS 2016. Tidak hanya itu, terdapat 12 pusat perbelanjaan yang menyediakan ruang pameran bagi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI yang menjual produk hasil kerajinan tangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan aksi donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) di 34 mal.